Resep Cara Membuat Ikan Bumbu Rica

Makanan atau lauk dari bahan ikan laut ataupun ikan air tawar memang tidak pernah kehilangan pesonanya. Beragam menu baik tradisional maupun internasional selalu berhasil membuat sajian ikan terlihat sangat menarik dan kita meneteskan air liur. Anda juga harus ingat, ikan juga memiliki kandungan gizi yang tidak sedikit. Sehingga memasak dengan bahan dasar ikan membuat kita mendapatkan dua manfaat sekaligus, mengenyangkan sekaligus menyehatkan.



Namun, banyak orang merasa kesulitan memasak ikan ini. Salah satunya karena kita harus berjuang menghilangkan bau amis yang tidak semua orang bisa menerima. Selain itu, beberapa jenis ikan juga memiliki duri yang tajam. Sehingga jika tidak dibersihkan dengan hati-hati, duri ini akan mengganggu. Maka salah satu cara untuk menghilangkan rasa dan bau amis, banyak orang menggunakan menu pedas untuk masakan berbahan dasar ikan.

Salah satunya yaitu ikan bumbu rica. Dalam jenis masakan ini, ikan yang digunakan biasanya adalah ikan kembung atau jika sudah di pasar biasa dikenal dengan ikan pindang. Cara dan bahan untuk masakan ini sangatlah mudah. Pertama siapkan dulu bahan sebagai berikut:

  • Jahe 1,5 ruas jari
  • Bawang merah, 6 siung besar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Cabe rawit sesuai selera (biasanya sekitar 10 butir)
  • Daun jeruk 10 lbr
  • Minyak untuk menumis

Haluskan terlebih dahulu bahan 1, 2 dan 4 diatas lalu tumis dan tambahkan serai dan daun jeruk, tumis lagi sampai matang. Setelah itu, bersihkan ikan kembung yang telah anda beli. Bumbu diatas bisa digunakan untuk 6 buah ikan. Bersihkan perut dan bagian dalam ikan, lalu masukkan bumbu yang telah ditumis tadi ke dalam perut ikan. Selanjutnya bakar ikan di atas arang sampai matang dengan diolesi sisa bumbu di bagian luar.

Jika ikan ini telah matang, kucuri dengan perasan nipis. Kemudian bakar lagi sebentar sampai bumbu yang dioleskan tadi mengering. Untuk penyajian, biasanya ikan bumbu rica ini ditambahkan sambel dabu diatasnya. Bahan sambal dabunya sendiri hanya cabe merah, tomat dan bawang merah yang semuanya dipotong dadu kecil. Dicampur jadi satu dan ditambahkan jeruk sambal diatasnya. 

Resep Cara Membuat Ikan Bumbu Rica Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.