Resep Makanan Bayi 4- 6 Bulan

Bagi bayi yang masih berusia 4-6 bulan, sebenarnya pemberian ASI secara eksklusif sangatlah dianjurkan. Jadi pada masa ini, bagi sebagian besar bayi biasanya dengan mengkonsumsi air susu ibu saja sudah cukup. Namun ada juga yang walaupun sudah mengkonsumsi ASI, namun mereka masih memberikan tanda-tanda belum cukup kenyang. Biasanya ini bisa terjadi karena produksi ASI yang tidak lancar atau bahkan terlalu sedikit. Untuk mengatasinya, pemberian makanan tambahan juga bisa dilakukan asal tidak terlalu banyak dan sering. Berikut resep yang tepat.



Aneka olahan pisang

Meskipun harga pisang tidak terlalu mahal, namun kandungan nutrisi pada buah satu ini ternyata sangat baik untuk anak pada usia-usia tersebut. Kandungan seperti vitamin C, B2 serta B6 akan sangat baik untuk pertumbuhannya, sedangkan serat pada buah ini juga bagus untuk pencernaannya yang belum sempurna. Adapun beberapa olahan buah pisang yang bisa dan aman disantap si kecil antara lain:

  • Pisang langsung diberikan kepada si kecil dengan sebelumnya dihaluskan menggunakan sendok hingga lembut dan mudah ditelan oleh si bayi,
  • Dikombinasikan dengan nasi putih ataupun nasi merah yang sudah ditim kemudian diblender hingga halus. Campurkan pisang yang dihaluskan sedikit agar menjadi lebih manis,
  • Dicampur dengan susu atau sayuran hijau yang sebelumnya diblender dan disaring lembut.

Olahan campuran buah, daging dan sayur

Menu ini terkesan mencampurkan banyak bahan, namun sebenarnya sangat mudah dalam pembuatannya. Anda hanya tinggal mempersiapkan bahan dalam jumlah sedikit saja untuk setiap campuran, kemudian untuk daging, harus dimasak lebih dahulu hingga benar-benar empuk dan lunak. Untuk sayuran, jangan dimasak terlalu lama, maksimal 10 menit dan untuk buah cukup dicuci hingga bersih. Setiap bahan dicampur kemudian diblender hingga halus lalu saring, dan siap untuk dihidangkan.


Untuk buah-buahan sebaiknya hindari buah yang berasa asam atau pahit, seperti jeruk ataupun mangga. Sedangkan untuk sayuran sebaiknya hindari kubis ataupun kol yang memiliki kandungan gas cukup tinggi, sehingga bisa membahayakan pencernaan si kecil. Meskipun makanan tambahan ini bisa mengenyangkan, namun pemberian ASI harus tetap diberikan dengan porsi sekitar 90% ASI dan sisanya untuk makanan tambahan.

Resep Makanan Bayi 4- 6 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.