Resep Cara Membuat Ikan Gurame Bakar

Salah satu cara untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga adalah dengan makan bersama. Baik makan di restoran ataupun makan di rumah. Selalu akan ada banyak cerita yang akan mengalir dengan sendirinya yang akan membuat masing-masing merasa lebih dekat. Salah satu menu yang menjadi favorit ketika makan bersama seperti ini adalah ikan gurame bakar. Sayangnya, jika kita membeli di restoran terkadang harganya sangat mahal. Karena mereka akan menghitung per ons berat dari gurame tersebut.

Resep Cara Membuat Ikan Gurame Bakar


Lalu, mengapa Anda tidak mencoba memasak sendiri di rumah. Jadi sebelum makan bersama, ada kegiatan memasak bersama yang juga akan membuat Anda dan anggota keluarga yang lain semakin kompak. Misalnya dengan dibagi, siapa yang membersihkan ikan, menyiapkan bumbu dan terakhir membakar. Bagi Anda yang kebagian mempersiapkan bumbu, maka bahan-bahan inilah yang harus ada saat membuat gurame bakar:

  • Bawang merah, 10 siung
  • Bawang putih, 6 siung
  • Ketumbar, 1 sendok makan dan disangrai
  • Asam jawa, 3 butir
  • Kemiri, 5 buah
  • Lengkuas, satu ruas jari
  • Garam, secukupnya
  • Gula merah sisir, 1 sendok the
  • Kaldu ayam, 200 ml.

Bumbu-bumbu diatas dihaluskan semua, kecuali untuk lengkuas dan kaldu ayam. Setelah bumbu halus, maka tumis di dalam minyak goreng dan masukkan lengkuas. Masak sampai bumbu ini berbau harum. Kemudian masukkan kaldu ayam dan biarkan mengental.

Untuk ikan guramenya sendiri, dengan jumlah bumbu diatas Anda bisa mempersiapkan sebanyak 3 buah saja. Jangan yang terlalu besar, cukup yang sedang. Selanjutnya setelah ikan dibersihkan, maka dibakar di atas arang. Caranya yaitu dengan mengoles mentega dan kecap di bagian luar, masak bolak-balik sampai setengah matang. Setelah itu bakar lagi dengan dioles bumbu halus yang sudah dimasak diatas sampai matang.


Dalam penyajiannya sendiri, biasanya ikan ini disajikan dengan menambahkan sambal. Untuk sambalnya sendiri tergantung selera masing-masing. Tapi yang paling banyak disajikan adalah sambal bajak. Cara pembuatan sambal bajak ini juga tidak kalah gampang. Tinggal haluskan bawang merah, bawang putih, tomat, cabe dan terasi udang yang dibakar. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Mudah bukan? 

Resep Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.