Resep Cara Membuat Bir Pletok dengan Mudah

Cara Membuat Bir Pletok dengan Mudah

Bir Pletok merupakan minuman tradisional khas Betawi. Minuman ini merupakan minuman penyegar yang dibuat dari percampuran berbagai rempah, rempah yang paling dominan adalah jahe, daun pandan wangi, dan serai. Meskipun terdapat kata bir dalam nama minuman ini, tetapi minuman ini tidak mengandung alkohol seditik pun. Hal ini bisa dibuktikan pada bahan dan resep minuman bir pletok yang sama sekali tidak mencantumkan nama alkohol di dalamnya.

Bir pletok juga terkadang memiliki warna yang menarik, yaitu warna merah. Warna merah ini biasanya digunakan orang Betawi dengan menambahkan kayu secang. Jika minuman ini di seduh,  maka bisa dipastikan warna bir pletok akan yang ditambahi dengan kayu secang akan berwarna merah. Untuk lebih jelasnya mengenai resep minuman bir pletok akan diuraikan pada alinea selanjutnya.
Cara Membuat Bir Pletok
Cara Membuat Bir Pletok

Resep minuman bir pletok

Resep minuman bir pletok ternyata terbuat dari bahan-bahan tradisional alami. Cara penyajiannya pun tidaklah terlalu sulit. Jadi, jika Anda merupakan seorang pemula yang hendak membuat minuman tradisional khas Betawi ini, tidak perlu khawatir kesulitan karena dalam artikel ini Anda akan dipandu untuk mengetahui bahan dan cara pembuatannya.

Bahan:

·         2 liter air,
·         350 gram jahe dimemarkan,
·         6 butir cengkih,
·         5cm kayu manis,
·         3 biji kapulaga,
·         5 batang serai, ditumbuk,
·         25 gram kayu secang,
·         ½ butir pala, ditumbuk,
·         500 gram gula pasir,
·         ¼ sendok teh garam.

Cara Pembuatan:

  1. Rebus Jahe, gula merah, serai. Daun jeruk, kayu manis, cengkeh, kayu secang, dan daun pandan di atas api kecil hingga mendidih dan harum kemudian disaring,
  2. tambahkan gula pasir, pala, dan garam kemudian aduk rata dan masak hingga larut serta harum, lalu diangkat,
  3. bir pletok siap disajikan.
Bagaimana? Tidak sulit kan resep minuman bir pletok yang diuraikan pada artikel ini? Anda jangan khawatir meskipun Anda belum pernah mencoba membuat minuman tradisional khas betawi ini sebelumnya. Anda hanya perlu mencari bahan-bahan yang sudah ditetapkan. Urusan masak, Anda pasti ahlinya. Ada yang enak juga sobat Resep Ayam Bakar Kalasan By Resep-Saya

Description: Resep minuman bir pletok tidaklah sulit dilakukan meski oleh seorang pemula. Melihat bahan yang digunakan dalam pembuatan minuman tradisional khas Betawi ini tentunya memiliki banyak khasiat.

Resep Cara Membuat Bir Pletok dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.